Makanan dan Minuman yang Enak Dikonsumsi Bersamaan, Tapi Efeknya Bahaya Buat Kesehatan by : Meily Rohmatun

1. Daging dan kentang yang dimakan bersamaan nggak cuma bikin seret tenggorokan, tapi juga menyulitkan pencernaan

Mengonsumsi makanan sumber karbohidrat dengan protein hewani kurang baik bagi tubuh, khususnya pencernaan. Misalnya, makan daging dengan kentang pada steak atau makanan olahan lain, pasta dengan daging ayam, dan sejenisnya. Perbedaan enzim pencernaan yang dikeluarkan tubuh membuat zat gizi keduanya justru nggak tercerna dengan baik saat dimakan bersamaan.

2. Perpaduan teh dan susu memang sangat nikmat dikonsumsi, tapi sayang, manfaat masing-masing jadi hilang gara-gara dicampur dan diminum bersamaan


Kamu pasti tahu teh tarik ‘kan? Meski rasanya enak dan jadi favorit beberapa orang, ternyata meminum teh dan susu bersamaan bisa membuat kehilangan manfaat antioksidan pada teh, karena protein susu telah mengikat antioksidan tersebut. Nggak cuma itu, kamu juga nggak akan mendapat manfaat kalsium pada susu, karena zat tanin pada teh akan menurunkan daya serap kalsium di dalam tubuh.

3. Kamu pasti pernah dengar, udang dan vitamin C yang dikonsumsi bersamaan bisa berisiko keracunan. Bener nggak sih?


Kandungan senyawa dalam udang dapat berubah menjadi arsenik atau zat kimia beracun ketika bertemu dengan vitamin C. Jika seseorang makan udang dan juga memakan banyak es jeruk atau sumber vitamin C lain pada hari yang sama, risiko serius akan menghadangnya.

4. Nyatanya, roti tawar dan selai itu lebih baik nggak dikombinasikan. Risikonya, kenaikan berat badan!


Ketika gula darah naik, tubuh harus bekerja keras untuk menurunkannya dengan melepas insulin dari pankreas. Saat sudah turun, efeknya bisa menghabiskan energi dan berpengaruh pada mood seseorang. Ketika hal ini menjadi kebiasaan dalam jangka panjang, bisa menyebabkan masalah pada pankreas dalam menghasilkan insulin yang berakhir pada penyakit diabetes. Kamu mau?

Komentar

Postingan Populer